Sayuti: 2 Masalah Serius yang Sedang Dihadapi Ummat Islam saat ini. Apa saja?

Sayuti Sangat Peduli pada Perkembangan Dayah di Aceh. Baginya Dayah itu adalah Benteng Pertahanan Terakhir Islam di Era Milenial

Ada 2 masalah serius yang sedang dihadapi ummat Islam saat ini, menurutnya :

1. Perkembangan teknologi yang semakin canggih dan tak terbendung tidak hanya membawa aspek positif bagi ummat manusia tetapi efek negatifnya yang tidak bisa dipilah-pilah, lebih-lebih oleh generasi muda, mampu merusak tatanan moral paling dahsyat pada abad ini.

Melihat perkembangan dunia informasi dan teknologi (IT) saat ini. Judi online dimana-mana. Permainan ludo, poker dan sejenis yang menyita waktu yang berharga telah membentuk generasi muda menjadi penerus bangsa yang malas, penghayal kelas berat dan menjauhkan dirinya dari waktu-waktu berharga untuk beribadah kepada sang Khaliq.

Pemuda lebih banyak menghabiskan waktu di warung kopi berjam-jam lamanya, sementara shaf-shaf shalat berjamaah di masjid-masjid yang dibangun megah hanya bisa dihitung dengan jari. Jamaah setia tak lain hanya orang tua pikun dan hamba-hamba yang sadar bahwa dunia hanya persinggahan sesaat.

Sementara teknologi internet terus mengeliat tanpa batas, ruang-ruang maksiat secara online terus muncul dan tumbuh secara diam-diam dan memprihatinkan.

Mahasiswi-mahasiswi yang diharapkan orang tuanya dikampung menuntut ilmu agar menjadi generasi muda yang tangguh menghadapi jaman malah kini tercebur dan bergelimang kemaksiatan terselubung melalui ‘pelacuran online’.

Betapa mirisnya ketika Aceh yang dikenal sebagai Serambi Mekkah tiba-tiba menjadi heboh manakala lusinan mahasiswi diciduk aparat penegak hukum disebuah hotel di Banda Aceh. Ternyata misi ‘barat’ menciptakan teknologi memang berhasil 2 output sekaligus; (a) membawa perubahan bagi dunia, (b) menghancurkan generasi Islam pada akhirnya. Mission succesfull !

Teknologi ternyata memudahkan, tapi juga mematikan !

2. NARKOBA

Tantangan selanjutnya yang paling meresahkan dan mematikan bagi generasi saat ini adalah narkoba. Ini tantangan paling mengerikan lainya setelah pengaruh teknologi informasi yang tersebut diatas.

Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat/bahan berbahaya. Selain “narkoba”, istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah Napza yang merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif.

Semua istilah ini, baik “narkoba” ataupun “napza”, mengacu pada kelompok senyawa yang umumnya memiliki risiko kecanduan bagi penggunanya. Menurut pakar kesehatan, narkoba sebenarnya adalah senyawa-senyawa psikotropika yang biasa dipakai untuk membius pasien saat hendak dioperasi atau obat-obatan untuk penyakit tertentu.

Tetapi dalam perkembangan sejarah ummat manusia, bahan-bahan kesehatan ini dipakai, dikonsumsi secara berlebihan oleh manusia untuk mendapatkan sensasi yang berujung rusaknya kesehatan dan kematian tragis.

Narkoba ini paling dikhawatirkan oleh orangtua dan lebih-lebih negara yang wajib turun tangan memberantas bandar narkoba sampai keakar-akarnya. Narkoba adalah racun kehidupan dan ancaman sangat serius generasi muda bangsa.

Menurut Sayuti Abubakar Peusangan, untuk membentengi generasi muda Islam diabad milenial ini adalah dengan memasukkan anak-anak ke lingkungan dayah (pesantren).

“Pesantren atau dayah adalah benteng terakhir pertahanan ummat Islam diabad sekarang dan masa akan datang.” sebut pengacara Irwandi Yusuf ini mantaf. | Milah Yabmob/ Halim El Bambi

You might like

Halim El Bambi

About the Author: Halim El Bambi

Founder LOOKAGE.ID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!