Save Irwandi Yusuf | Juha Christensen: Irwandi Cukup Baik Memimpin Aceh Pasca Konflik

“Meski saya kurang mengikuti proses peradilan perkara yang menjerat Gubernur Aceh non-aktif, saya merasa prihatin dengan apa yang kini dialami sahabat saya Irwandi Yusuf. 

Dalam kapasitas pribadi, saya prihatin. Saya bersahabat baik dengan Irwandi Yusuf. Namun sepanjang yang saya saya tahu, Irwandi cukup baik memimpin Aceh pasca konflik saat menjadi Gubernur pada era 2007-2012. Tidak mudah memimpin Aceh saat paska dilanda musibah besar tsunami dan baru selesai perang yang lama.

Dua pekerjaan besar dalam waktu sekaligus dan sama-sama rumit harus menjadi beban Irwandi. Namun hasilnya cukup jelas. Rehab rekon cukup sukses. Begitu juga perdamaian langgeng berlangsung sampai sekarang. Tentu ini harus kita apresiasi karena tidak lepas dari kepemimpinan gubernur Irwandi Yusuf.

Makanya saya sebut dia terbaik sebagai Gubermur Aceh pasca konflik. Meski pada Pilkada 2012 lalu ia kalah saat mencalonkan kembali. Tapi kemudian saya mendengar banyak kekecewaan berbagai pihak terhadap pemerintah pasca-Irwandi.  Oleh karena itu, ketika Irwandi terpilih kembali pada Pilkada 2017, saya berharap banyak padanya terutama untuk mendorong implementasi hasil kesepakatan damai yang sudah terbina. | Juha Christensen, Mantan Fasilitator Perdamaian Aceh, sahabat Irwandi Yusuf. 

You might like

Halim El Bambi

About the Author: Halim El Bambi

Founder LOOKAGE.ID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!