Mantan Panglima GAM Singkil: Mari Berpolitik Santun dan Jaga Damai di Aceh

Mantan Panglima Wilayah Singkil, Tgk Nurdin Ramli menghimbau masyarakat agar lebih cerdas memilih caleg saat menentukan pilihan calon legislatif, April 2019.

Menurut Bendahara Umum DPP PNA ini, dinamika politik di Aceh saat sekarang sudah mulai menunjukkan trend demokratis sehat yang dinamis. Hal ini, menurutnya tak terlepas dari telah terbangunnya perdamaian antara RI-GAM sejak 25 Agustus 2005 lalu. Padahal sebelumnya Aceh sudah luluh-lantak oleh konflik bersenjata yang panjang. 

“Tak mudah membangun sebuah negeri paska konflik berkepanjangan. Tatanan sosial, hukum, agama HAM semua hancur dan itu tidak mudah untuk dikembalikan ke situasi normal. Karena itu perdamaian yang sudah tercapai di Aceh saat ini adalah sebuah rahmat dan karunia yang tinggi dari Allah SWT yang patut dijaga dan dilestarikan hingga Aceh benar-benar bangkit dan maju dari keterpurukan. 

Dalam moment Pileg 2019 ini, lanjut sahabat Tgk Abrar Muda (Mantan Panglima GAM Wilayah Lhok Tapaktuan Aceh Selatan itu) Ramli menyebut kalau masa Pileg 2019 adalah sebuah kesempatan besar kepada rakyat Aceh untuk memilih wakilnya dalam suasana damai, tanpa intimidasi, tanpa teror dan kekerasan. 

“Kita harus bersyukur dengan kondisi keamanan saat ini harapanya pesta demokrasi akan berlangsung aman damai sehingga wakil rakyat yang akan dipilih pun nantinya akan lebih berkualitas, punya kapabilitas. Lalu yang paling penting adalah caleg yang kita pilihh itu benar-benar nantinya akan memperjuangkan suara konstituen (rakyat).” lanjut Ramli kepada Halim El Bambi sesaat dirinya meluncur ke Aceh Selatan.

Tgk Ramli Nurdin adalah mantan militer GAM yang pada era konflik cukup dikenal. namanya sering menghiasi media massa setelah Tgk Abrar Muda. Hal ini dikarenakan posisi jabatan yang mereka sandang bukan sembarangan yaitu panglima wilayah. Pernyataan mereka sering menghiasi koran lokal Serambi Indonesia dan Waspada saat memberi berbagai keterangan penting sikon wilayahnya kepada wartawan. 

Bagi Tgk Ramli, kondisi damai yang sudah terbina di Aceh ini adalah hadiah tak terhingga dari yang Maha Kuasa yang patut disyukuri, dijaga dan dibina.

“Dulu kita berjuang dengan senjata, dari hutan satu ke hutan lain. Sekarang kita tanggalkan senjata untuk berjuang di gedung rakyat dengan pena dan argumentasi. Maka itu mari kita berpolitik dengan santun sambil menjaga perdamaian di Aceh.” terangnya. [] Halim El Bambi | LOOKAGE.ID 

You might like

Halim El Bambi

About the Author: Halim El Bambi

Founder LOOKAGE.ID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!