Mantan Tokoh Damai Paska DOM: Jangan Bungkam Irwandi Dengan Hukum Suka-suka.

10 tahun penjara yang dituntut Jaksa Penuntut Umum KPK terhadap Gubernur Aceh non Aktif Irwandi Yusuf dalam persidangan lanjutan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (25/3/2019), menuai banyak protes. Kritikan tak hanya datang dari para praktisi hukum. Masyarakat umum kebanyakan pun ikut bereaksi terhadap nasib pimpinan Aceh non aktif itu.

Muchtar Hasyim, salah seorang tokoh perdamaian paska pencabutan DOM ikut bersuara atas tuntutan KPK yang dianggapnya sangat zalim diatas zalim.

“Bagaimana tidak, jaksa KPK ini ibarat boneka yang mau saja digerak-gerakkan oleh pemiliknya. Ibarat wayang mereka mau saja dimainkan oleh tuanya tanpa melihat fakta-fakta persidangan yang sudah digelar secara maraton itu. Sangat disayangkan, jaksa ini dengan teganya menutup mata atas kesaksian-kesaksian yang meringankan Irwandi dan malah memilih membaca tuntutan tanpa membuka mata pada kebenaran hakiki.” sesal Muchtar.

Tokoh masyarakat Luengbata, Banda Aceh ini menilai jaksa sudah berlaku sangat zalim diatas supremasi hukum yang seharusnya ditegakkan seadil-adilnya dengan menimbang kesaksian yang meringankan itu.

“Dengan menapikan fakta-fakta yang yang telah ditemukan selama berbulan-bulan dalam persidangan atas Bapak Irwandi Yusuf, itu adalah bukti kepongahan dan kebebalan mata hati dan akal sehat jaksa KPK yang masa bodoh atas fakta hukum.” tambah pria yang membidani sebuah UMKM budidaya jamur ini pula.

Menurut Muchtar Hasyim, tuntutan jaksa KPK atas Irwandi Yusuf itu murni masalah politis dimana Jakarta berupaya membungkam pemimpin rakyat Aceh itu supaya tidak menjadi tokoh yang menonjol di Aceh dan di Indonesia pada level nasional.

“Saya khawatir dengan hukum yang memaksa kehendak ini akan memunculkan masalah baru bagi perdamaian di Aceh. Hendaknya pemerintah melihat Irwandi Yusuf sebagai sosok bapak perdamaian bukan a nasionalis yang harus dibungkam diatas hukum yang dibuat-buat seenaknya untuk menjeratnya. Jangan bungkam Irwandi dengan hukum suka-suka.” tutup Hasyim kepada LOOKAGE.ID yang selalu mengikuti setiap sidang dari awal sampai akhir. | Halim El Bambi

You might like

Halim El Bambi

About the Author: Halim El Bambi

Founder LOOKAGE.ID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!