Sejarah Roti Canai

Bagi pecinta makanan khas Asia Tengah, roti canai merupakan kudapan yang tidak bisa dilupakan dari jejeran menu-menu khas Benua India.

Roti canai sudah mendunia. Dimana-mana, dipelosok bumi yang didiami penduduk asal Asia sudah mudah dijumpai gerai-gerai roti canai.

Di Asia Tenggara, makanan kaya rempah ini sangat mudah dijumpai di Malaysia, Singapura hingga Indonesia, terutama di Aceh, yang memiliki sejarah kedekatan dengan keturunan benua India.

Di Singapura, roti seperti ini dinamai roti prata. Bentuk dan bahannya mirip dengan kerala porotta. Di Malaysia dikenal dengan ‘vanai mamak’ dengan tambahan kuah yang dikombinasi khas lidah Asia.

Sedangkan di Aceh disebut ‘ruti cane’ Di daerah paling ujung Indonesia ini, ‘ruti cane’ bahan dasarnya tidak dipanggang diatas bara seperti kebanyakan dari asalnya, melainkan dimasak diatas kuali datar dengan tambahan minyak sayur atau mentega. Kari ayam atau kambing tetap menjadi paduan sempurna ‘ruti cane’ basah.

Orang-orang Aceh selain gemar makan ‘ruti cane’ berkuah juga demen canai tanpa kuah yang disebut ‘cane kreng’ atau ‘canai kering’ dengan taburan gula. Rasanya renyah ada ‘krenyes-krenyesnya’, kata pelancong asal pulau Jawa yang kerap mampir di Johor Kupi, Banda Aceh.

Roti canai berasal dari Kota Chennai di India. Canai berarti adonan yang digulung dalam bahasa Melayu

Para imigran Muslim India semasa Kesultanan Aceh menyebarkan makanan ini ke Aceh dan menjalar ke seluruh Hindia Belanda —sekarang Indonesia— pada awal abad ke-19.

Di Ampel, sebuah perkampungan Arab di Surabaya, dikenal dengan sebutan roti mariyam.

Sedang di Aceh makanan ini selain dapat dijumpai di gerai canai mamak, juga hadir di Johor Kupi yang terletak di Pango, Banda Aceh. Yang paling istimewa disini selain tempatnya buka sampai dini hari, harga yang ditawarkan juga cukup bersahabat alias anti kantong bolong.

Di Johor Anda juga bisa pesan kudapan khas Malaysia lainya seperti Tomnyam yang terkenal disini akan kelezatan dan kesegaran bahan bakunya. | Halim El Bambi/Milah Yabmob | LOOKAGE.ID

You might like

Halim El Bambi

About the Author: Halim El Bambi

Founder LOOKAGE.ID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!