Darwati A Gani: Istri dan Ibu Tangguh dari Aceh

Darwati A. Gani adalah istri Gubernur Aceh Irwandi Yusuf. Ia juga Ketua Umum dari Yayasan Sambinoe yang memiliki program yang sangat menyentuh kehidupan masyarakat kelas bawah dimana yayasan ini sangat peduli pada dunia pendidikan, pembinaan, pelatihan, serta pemberdayaan rakyat kurang mampu.

Perempuan lembut kelahiran Bireuen, 7 September 1973 ini menghabiskan masa kecilnya di Bireuen, dan menyelesaikan Sekolah Dasar hingga SMA di kampung halamannya.

Sementara Jenjang perguruan tinggi ia lanjutkan di Univesitas Syiah Kuala, Banda Aceh dengan mengambil jurusan PDPK Fakultas Ekonomi.

Ibu yang memiliki 2 putra dan 3 putri ini, selalu tampil bersahaja dalam setiap kegiatan yang diikutinya mendampingi suaminya bertugas.

Sebagai Ketua Tim penggerak PKK dan Dekranas NAD, dirinya bersama pengurus di setiap daerah selalu berusaha keras dalam mewujudkan program-program pokok yang dicanangkan untuk mewujudkan kesejahteraan seluruh masyarakat Aceh.

Pada 2017 sebelum suaminya kembali dipilih rakyat Aceh secara mayoritas. Ia menggandeng relawan membangun rumah kaum dhuafa dan yatim piatu se Aceh.

Darwati bersama Milah Yabmob salah seorang Timses Irwandi – Nova sempat menyerahkan kunci rumah secara simbolis kepada 6 penerima rumah dhuafa yang siap dibangun dibawah tanggungjawab Milah Yabmob.

Rumah-rumah hasil sumbangan suaminya dan dirinya itu kini sudah ditempati oleh para penerima dengan suka cita.

Manakala Irwandi Yusuf mendapat ujian di Jakarta, anak yatim da kaum dhuafa itu tak henti mengirim doa agar sosok yang dekat dengan rakyat kecil itu dibebaskan karena tak bersalah.

Darwati memiliki segudang prestasi selama suaminya menjabat gubernur Aceh sejak periode pertama hingga sekarang (non aktif). Bakatnya lebih cenderung pada dunia duta wisata dan aksi sosial membuat banyak kalangan menjadikan ia sebagai icon pariwisata Aceh (Visit Aceh). Hal ini tak terlepas dari penampilannya yang menawan didepan kamera.

Pada 2019 sekarang ini, ia kembali mencalonkan diri maju ke gedung DPRA Aceh setelah mendapat restu dari suaminya.

Niat Darwati yang tulus ingin berbuat lebih banyak lagi bagi kemaslahatan rakyat jecil itu langsung mendapat respon positif dari kalangan kaum perempuan. Meskipun badai sedang menerpa sang suami dan partai pengusungnya, PNA, hal itu tak menyurutkan niat Darwati A. Gani untuk terus bekerja demi melaju ke DPRA.

Kansnya cukup kuat dan terbuka lebar. Ia memiliki basis massa gabungan dari massa suaminya sebagai mesin suara. Dari beberapa sosok PNA yang maju ke DPRA Dapil Sabang, Banda Aceh dan Aceh Besar, nama Darwati A Gani cukup kencang terdengar (populis) sampai ke gampong-gampong pelosok.

Hal ini cukup dimaklumi karena dari sisi moralitas pun Darwati cukup sempurna dimata audien. Ia sudah identik sebagai seorang istri tangguh dan sosok ibu luar biasa bagi anak-anaknya yang semuanya kini sudah sukses.

Ketika Irwandi ‘tersandera’ di Jakarta, banyak publik bersimpatik kepada Darwati. Ia disebut sebagai sosok istri yang cukup tabah, kuat dan sabar ketika cobaan yang menimpa suaminya bagai petir disiang bolong.

Ia harus pulang pergi Aceh – Jakarta demi mendampingi suaminya. Menyemangati suaminya supaya tegar meski terkadang ia sendiri harus menahan sesak didada dengan semua kenyataan yang ia hadapi. Semoga ada jalan keluar yang terbaik | Halim El Bambi | www.lookage.id

You might like

Halim El Bambi

About the Author: Halim El Bambi

Founder LOOKAGE.ID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!