Arnold Schwarzenegger, Puji Irwandi Yusuf. Bukti Irwandi Yusuf Berguna & Bikin Bangga Indonesia

Ini adalah catatan saya pada Pilkada Aceh 2017 silam saat saya mencitrakan Irwandi Yusuf dalam upayanya berjuang menjadi No 1 Aceh. (Milah Yabmob/Halim El Bambi, Timses Irwandi Yusuf 2012-2017. Save Irwandi Yusuf)

Pada 17 November 2008, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf bertolak ke Los Angeles, California, USA. Setibanya di Los Angeles, Gubernur yang didampingi oleh Dr. Bart Ryan dari IRD dan Teuku Rafli Pasha, Koordinator Tim Asistensi Pemerintah Aceh pada tanggal 18 November 2008 pukul 9.30 waktu setempat menghadiri pertemuan Governors’ Global Summit Meeting yang diadakan di Beverly Hilton Hotel, Beverly Hills, California.

Pertemuan tersebut dibuka oleh Gubernur California Arnold Schwarzenegger. Dalam pembukaan tersebut Presiden terpilih Amerika Serikat Barack Obama memberikan sambutannya melalui video. Pada hari yang sama, pukul 1.30 waktu setempat Gubernur Irwandi Yusuf diundang oleh Gubernur Jim Doyle dari State of Wisconsin, USA untuk mengadakan pertemuan bilateral guna membicarakan masalah-masalah kehutanan dan prospek kerjasama di berbagai bidang. Dalam pertemuan tersebut, kedua gubernur menyampaikan ketertarikannya untuk menjalin kerjasama yang lebih erat dalam bidang investasi dan inisiatif untuk pertukaran informasi.

Gubernur Wisconsin Jim Doyle sangat terkesan dengan upaya yang ditempuh oleh Gubernur Irwandi Yusuf dalam mengimplementasikan proyek Aceh Green serta kisah hidup pribadinya. Gubernur Doyle berkomitmen untuk melanjutkan hasil pembicaraan tersebut dalam bentuk kerjasama yang konkrit serta hubungan timbal-balik yang lebih erat antara Provinsi Aceh dengan State of Wisconsin.

Setelah pertemuan dengan Gubernur Wisconsin, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf yang didaulat sebagai salah satu pembicara utama menjadi sorotan dalam pertemuan Governors Global Climate Summit. Gubernur Irwandi Yusuf dengan lancar dan komunikatif memaparkan proyek Aceh Green yang mencakup perdagangan karbon, masalah-masalah kehutanan serta kisah hidup pribadinya dihadapan 500 audiens yang hadir dalam pertemuan tersebut. Audiens yang hadir dalam pertemuan tersebut sangat antusias dan memberikan ucapan selamat serta sambutan yang sangat hangat dan positif atas paparan yang disampaikan. Gubernur Aceh yang diberikan kesempatan selama 10 menit mempresentasikan proyek Aceh Green dalam bentuk slide dan diikuti dengan diskusi dengan berbagai nara sumber dan pakar lingkungan dunia yang hadir.

Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dan Gubernur California menandatangani MoU pengurangan emisi gas rumah kaca dan degradasi lahan (Reducing Emission from Deforestation and Land Degradation – REDD MoU). Irwandi Yusuf bersama dengan tiga Gubernur dari negara bagian terkemuka di Amerika (Illinois, Wisconsin dan California), dan tiga gubernur dari brazil (Amazonas, Para, Mato Grosso), serta perwakilan dari Gubernur Papua pada tanggal 18 November 2008 pukul 7.30 pm waktu setempat telah menandatangani MoU untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sebagai akibat dari deforestasi.

Penandatanganan yang bersejarah tersebut dilakukan pada akhir pertemuan hari pertama Governors’ Global Climate summit yang dihadiri oleh para pelaku bisnis, pihak swasta dan kepala pemerintahan setingkat provinsi dari seluruh dunia. MoU ini merupakan MoU pertama antar pemerintah daerah setingkat provinsi yang menfokuskan pada pengurangan emisi dari deforestasi dan degradasi lahan (REDD). MoU ini mencakup pertukaran informasi, peluang kerjasama di bidang bisnis dan ilmu pengetahuan yang bermuara pada menguatnya prospek kerjasama antara Amerika Serikat, Brazil dan Provinsi Aceh. Dalam MoU ini, sembilan pemerintahan setingkat provinsi dan provinsi akan bahu-membahu bekerjasama untuk memperlambat dan menghentikan deforestasi serta degradasi lahan melalui proyek-proyek bersama dan program-program insentif.

Gubernur Irwandi Yusuf diundang secara pribadi oleh Gubernur Arnold Schwarzenegger yang mengagumi usaha-usaha inovatif dan berjangka panjang yang telah dilaksanakan oleh Gubernur Aceh melalui program Aceh Green. Pelaksanaan program Aceh Green secara komprehensif akan membuka peluang bagi Aceh untuk memainkan peranannya dalam dunia internasional dalam rangka mengurangi emisi gas kaca.

Mengingat kekayaan dan kepadatan hutan hujan yang ada di Aceh, peranan Aceh dalam mengurangi emisi yang berbahaya sangat besar. Aceh dapat memanfaatkan kekayaan alam yang dimilikinya sebagai daya tarik investasi dan juga memantapkan implementasi mekanisme perdagangan karbon yang sudah berlangsung di Aceh. Penandatanganan MoU tersebut akan membuka jalan bagi Aceh unutk melakukan berbagai macam pendekatan yang potensial di bidang ekonomi dan lingkungan.

Para pihak yang menandatangani kesepakatan tersebut telah berkomitmen untuk membuat sebuah rancangan kerjasama (action plan) yang akan mulai didiskusikan secara intensif di awal tahun 2009. Hasil dari diskusi mengenai action plan tersebut akan disampaikan dalam United Nation Framework Cooepration on Climate Change Conference di Copenhagen, Denmark.

(Pada pertemuan inilah Irwandi Yusuf dipuji Arnold)

Selain bertemu dengan Gubernur Schwarzenegger, delegasi dari Aceh juga telah mengadakan pertemuan dengan berbagai pakar dengan latar belakang bisnis, pemerintah, dan juga LSM yang aktif dibidang penyelamatan lingkungan. Pertemuan-pertemuan tersebut diadakan untuk membuka peluang-peluang baru dibidang bisnis dan ilmu penngetahuan bagi Aceh melalui mekanisme pembuatan kebijakan bersama serta kerjasama baru dalam bentuk proyek-proyek bersama.

Setelah penandatanganan MoU, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf bersama para gubernur yang ikut menandatangani MoU tersebut mengadakan konferensi pers yang dihadiri oleh lebih kurang 500 wartawan nasional dan internasional serta para hadirin. Gubernur beserta rombongan kembali ke Indonesia pada tanggal 24 November 2008. [Milah Yabmob (MY)/Halim El Bambi/DBS]

You might like

Halim El Bambi

About the Author: Halim El Bambi

Founder LOOKAGE.ID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!