Tokoh Perdamaian Paska DOM Apresiasi Mahasiswa Perjuangkan Suara Rakyat

Tokoh masyarakat Luengbata, Banda Aceh, Tgk Muchtar Hasyim atau populer dikenal dengan nama Toke Din, meminta masyarakat agar terus mengawal komitmen Pemerintah Aceh atas janji-janjinya yang telah diteken dalam petisi yang diajukan mahasiswa agar membatalkan izin PT. EMM di Beutong Ateuh.

Hal tersebut disampaikan Toke Din menyikapi maraknya aksi penolakan terhadap keberadaan tambang-tambang yang beroperasi di Aceh, namun tak memberi efek kemakmuran bagi masyarakat Aceh.

“Sebetulnya dari awal kita harus mengawalnya, namun tidak ada kata terlambat untuk melakukan sesuatu demi kemaslahatan ummat. Komitmen yang sudah diteken Plt gubernur Aceh itu mesti dikawal sampai izin itu benar-benar dicabut.” terang Tgk Muchtar Hasyim yang ikut menyesali aksi aparat melakukan kekerasan kepada adik-adik mahasiswa saat mereka melakukan aksi menyampaikan aspirasinnya.

Kehadiran PT. EMM disebut telah menimbulkan masalah sangat serius bagi kelangsungan kedaulatan pemerintah daerah dan lingkungan. Aksi mahasiswa Aceh di depan kantor Gubernur yang berlangsung sejak selasa 9 April itu adalah bagian dari penolakan rakyat Aceh terhadap PT EMM.

Sebelumnya berbagai komponen masyarakat mulai dari pecinta/aktivis lingkungan, Walhi, masyarakat lingkungan tambang, sampai DPRA kompak menolak menolak kehadiran tambang yang hanya membawa kemudharatan.

“Semua pihak harus kompak bersatu menolak kehadiran tambang ini, termasuk Pemerintah Aceh supaya jangan plin-plan bersikap. Cabut segera izin operasi usaha tambang yang parahnya lagi tidak memiliki Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPKH) itu.” tegas Muchtar kepada LOOKAGE.ID.

Dalam pada itu, Tokoh Perdamaian Pask DOM yang juga Caleg DPRK Luengbata dan Baiturrahman Kota Banda Aceh itu mengapresiasi tinggi aksi adik-adik mahasiswa yang berani menggelar unjuk rasa demi misi pembatalan izin tambang yang bermasalah itu. Ia juga ikut prihatin melihat perlakuan aparat kepada peserta unjuk rasa. 

“Kita sangat menyayangkan aksi berlebihan aparat keamanan yang melakukan kekerasan terhadap aksi adik-adik mahasiswa yang notebene sedang menyampaikan aspirasi secara damai itu. Khusus untuka adik-adik mahasiswa, terslah berjuang menyuarakan aspirasi rakyat bila itu demi kebaikan dan kemaslahatan rakyat.” tutupnya. | LOOKAGE.ID | Membaca Zaman

 

You might like

Halim El Bambi

About the Author: Halim El Bambi

Founder LOOKAGE.ID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!