Pengusaha Muda Aceh Himbau Masyarakat Cintai Produk Dalam Negeri

LOOKAGE.ID – BNA | Banyaknya produk asing yang teru masuk menyerbu pasar Indonesia dikhawatirkan akan mematikan produk dalam negeri dan berkurangnya serapan tenaga lokal sehingga memunculkan angka pengangguran.

Hal itu dikhawatirkan Fajar Haribowo, seorang pengusaha muda Renov Interior dari Kota Banda Aceh.

Menurutnya, masyarakat saat ini hendaknya bangga menggunakan produk buatan dalam negeri sendiri yang tak kalah berkualitasnya dengan produk import yang menang di iklan. Sebab, katanya, dengan menggunakan produk dalam negeri, maka secara otomatis hal itu akan membuka lapangan pekerjaan, khususnya di Aceh.

“Untuk Aceh saat ini saja angka pengangguran sudah sangat tinggi. Pemerintah sendiri pun tidak mungkin berjuang sendiri mengurangi angka pengangguran kecuali para pengusaha bisa ambil bagian dari program pemerintah mengurangi angka orang-orang tidak memiliki pekerjaan.” terang mantan aktivis 1998 yang sudah malang melintang terjun didunia usaha furniture dari bendera CV Aceh Gemilang ini pula.

Pria yang pernah membuka usaha di Yogyakarta ini ini juga mendorong pelaku usaha lainya agar meningkatkan kualitas produknya sehingga mampu bersaing dalam pasar bebas saat ini.

“Kita yakin sekali produk dalam negeri akan dapat bersaing dengan produk dari luar negeri dengan catatan kita tingkatkan kualitas produk dengan daya saing tinggi.” lanjutnya.

Menurut Fajar, penduduk Indonesia saat ini telah mencapai hampir 258 juta jiwa dan ini menjadi potensi pasar yang luar biasa besar bagi produk-produk dalam negeri.

“Dengan jumlah penduduk yang cukup besar ini, Indonesia jangan jadi konsumen produk-produk bangsa lain, ini sangat naif disaat produk dalam negeri juga tak kalah kualitas bila disandingkan dengan produk luar negeri yang hanya mahal saja tapi setara dengan produk dalam negeri.

Fajar menghimbau anak negeri agar jangan demam produk luar negeri. Sebab, katanya, kunci agar industri dalam negeri booming adalah dengan menjadikan produk dalam negeri sebagai incaran pasar luar negeri.

“Jadi sekarang kita balik. Kalau dulu kita suka import barang luar negeri, sekarang mengapa tidak mereka yang meminta barang dari negeri kita untuk dipakai. Apalagi banyak bahan baku rerata berasal dari dalam negeri.” tutup CEO RENOV, sebuah perusahaan yang bergerak fokus pada interior dan eksterior ini. | HELB | LOOKAGE.ID

You might like

Halim El Bambi

About the Author: Halim El Bambi

Founder LOOKAGE.ID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!