Apakah Pohon Berjalan

Pernahkah Anda menonton film trilogy kolosal Lord of the Ring? Bila pernah pasti melihat ada pohon besar yang bisa berjalan-jalan.  

Ternyata pohon berjalan atau biasa disebut ditempat asalnya ‘walking tree’ keberadaannya bukan hanya dongeng dalam film. Pohon berjalan memang ada dan nyata. Di negara Ekuador, di hutan lindung Sumaco Biosphere Reserve, ada pohon yang bisa berjalan. Setiap tahun pohon itu beranjak sekitar 20 meter saja.

Tahukah Anda yang membuat pohon ini disebut berjalan karena pohon jenis Socratea Exorhiza ini sesungguhnya memiliki akar-akaran yang cukup Panjang. Akar inilah yang bergerak menjauhi batangnya untuk mencari tanah baru.

Akar-akar lama yang telah menancap ke tanah mulai mulai meninggalkan tanah awal dan akar baru kemudian menyembul mencari tanah baru yang lebih segar, sehingga disebutlah pohon ini pohon bisa berjalan.

Batang pohon ini kadang menjatuhkan diri keatas tanah sebagai cara menumbuhkan akar baru lalu dengan itu ia ‘kembali bangkit’ untuk tumbuh lagi. Sesungguhnya akar inilah yang berpindah tempat, sehingga pohon besarnya pun ikut berpindah. | Halim El Bambi | LOOKAGE | Science

You might like

Halim El Bambi

About the Author: Halim El Bambi

Founder LOOKAGE.ID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!