Demi Sejahterakan Petani, PNS Ini Produksi Pupuk Organik Berkualitas

Awalnya, Hanasa, usaha yang didirikan Luthfi Saifullah, ST, MSM pada tahun 2012 sempat vakum beberapa tahun tanpa adanya kegiatan. Namun kini, awal Januari 2019, usaha yang ia rintis bersama rekan-rekanya di Desa Blang Pohroh Kecamatan Nisam Antara Kabupaten Aceh Utara Provinsi Aceh mulai mengeliat dengan memproduksi pupuk berkualitas tinggi dengan merek  yang sama dengan nama koperasi; Hanasa. 

Menurut pria 39 tahun yang tercatat sebagai PNS di Sekretariat Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Aceh Utara itu, niatnya mensejahterakan sekaligus memberikan pendidikan dunia pertanian bagi masyarakat petani khususnya di Aceh Utara dan Aceh pada umumnya kini sudah kesampaian.

“Alhamdulillah cita-cita saya sejak dulu ingin menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain kini tercapai. Semua ini berawal sejak saya diperkenalkan oleh kawan – kawan saya yaitu Taufik Helmi, Hasrul, Hasbi dan Admansyah Lubis tentang pupuk organik plus ini maka kami sepakat memproduksinya demi perubahan nasib petani Aceh yang selama ini identik dengan kemiskinan.” terang suami Rauzatul Jannah. 

Menurut Luthfi, pupuk organik yang mereka produksi bersama teman-temanya itu bukan sembarang  pupuk. Pupuk dengan merk dagang HANASA diklaim mampu mengatasi berbagai jenis permasalahan tanaman padi dan tanaman palawija serta tanaman kebun lainya.

Beberapa keunggulan Pupuk Hanasa, diantaranya adalah; (1), Mematikan keong emas dalam hitungan menit; (2),  Menghilangkan bau dan memperbaiki tekstur (ph) tanah; (3), Meningkatkan pertumbuhan kesuburan tanaman & buah; (4), Menyembuhkan penyakit tanaman dan meningkatkan sistem imunitas; (5) Dapat diaplikasikan untuk usaha perikanan tambak; (6) Memberantas keong emas dan hama lainya.

“Semangat kami memproduksi pupuk ini adalah untuk mendukung program ketahanan pangan nasional yang dicanangkan Bapak Presiden  supaya tersedianya pupuk alami yang sehat, berkualiatas, ramah lingkungan, serta aman dikonsumsi.” rinci Luthfi sambil menambahkan selain fokus pada usaha memproduksi pupuk berkualitas itu, pihaknya juga tak sungkan memberikan penyuluhan gratis kepada para petani agar tanamannya jauh dari hama dan tingkat hasil panen melimpah.

Sampai saat ini, usaha Pupuk Hasana sudah memiliki 35 anggota atau jaringan produksi dan distribusi yang masih tersebar di wilayah Aceh Utara. Pihaknya berencana akan terus mengkampanyekan Pupuk Hanasa sampa ke seluruh Aceh sehingga para petani mampu mendapatkan pupuk ini dengan mudah.

Semoga apa yang dilakukan Luthfi dkk ini bisa menjadi inspirasi bagi para pihak.| Halim El Bambi | LOOKAGE.ID 



You might like

Halim El Bambi

About the Author: Halim El Bambi

Founder LOOKAGE.ID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!